10%
peningkatan donasi lewat online dalam 1 tahun
1.700
pendaftaran sukarelawan dalam 1 tahun
Didirikan pada tahun 1953, visi Samaritans adalah menurunkan angka kematian akibat bunuh diri. Untuk melakukannya, Samaritans menjalankan sebuah layanan yang disediakan oleh 20.000 sukarelawan, berupa saluran bantuan dukungan emosional yang tersedia secara gratis, 24 jam dalam sehari, 7 hari dalam seminggu, di telepon, melalui email, serta tatap muka di 201 cabang di Inggris Raya dan Irlandia. Saluran dukungan ini dihubungi setiap 6 detik dan setiap tahunnya organisasi ini menjangkau lebih dari setengah juta orang melalui upayanya di komunitas setempat.
Sasaran utama dari pemasaran Samaritans adalah untuk mempromosikan saluran bantuannya yang akhirnya dapat membantu menurunkan angka bunuh diri. Michael Keating, Manajer Komunikasi Digital, menjelaskan, "Fokus Samaritans adalah menyampaikan pesan kami kepada orang-orang yang berpikir untuk mengakhiri hidupnya, sehingga mereka mengetahui dukungan yang dapat kami berikan." Seiring dengan meningkatnya pemahaman Samaritans akan dunia digital, organisasi ini telah menyiapkan sasaran konversi untuk penggalangan dana, pendaftaran acara, dan perekrutan sukarelawan.
Samaritans menggunakan tracking konversi di Google Ads dan Google Analytics untuk mengukur dampak kampanye Ad Grants serta memutuskan di mana pengeluaran pemasarannya akan diinvestasikan. "Di Google Ads dan Analytics, hal utama yang kami lacak adalah donasi yang diberikan melalui situs, pendaftaran sukarelawan, dan pendaftaran newsletter email," ujar Keating. Tracking konversi dan laporan data Analytics membantu Samaritans merencanakan pengeluaran digital untuk kampanye pemasaran terbesarnya. Samaritans menggunakan akun Ad Grants untuk menguji strategi pemasaran dan melengkapi akun tersebut dengan akun Google Ads berbayar selama musim liburan, guna meningkatkan upaya penggalangan dana. Michael mengatakan, “Menerapkan tracking konversi telah meyakinkan organisasi kami akan manfaat berinvestasi dalam Google Ads berbayar. Data yang ada menunjukkan nilai yang dapat ditawarkan saluran ini." Selama musim liburan sebelumnya, kampanye Google Ads berbayar telah mendatangkan donasi dengan nilai tertinggi untuk Samaritans.
Tracking konversi dan laporan data Analytics memengaruhi alokasi anggaran pemasaran Samaritans dan memungkinkan organisasi ini mencapai sasaran pemasarannya secara efektif. Tahun lalu, kampanye Ad Grants organisasi ini berhasil mengumpulkan lebih dari $48.000 atau peningkatan 10% untuk donasi online, peningkatan 11% untuk pendaftaran acara penggalangan dana, dan 1.769 pendaftaran sukarelawan. Michael mengatakan, "Berinvesatasi di Google Ads membantu Samaritans menjangkau lebih banyak orang untuk memberikan dukungan kami dan mendatangkan lebih banyak orang untuk mendukung organisasi kami.”
“Kami menyarankan lembaga nonprofit lain untuk menggunakan Google Analytics dan tracking konversi agar mereka dapat melihat bahwa penggunaan akun Ad Grants, yang disertai dengan akun Google Ads berbayar, sepadan dengan investasinya.”Michael Keating, Manajer Komunikasi Digital, Samaritans