Elder Wisdom Circle

Elder Wisdom Circle menghubungkan para relawan lansia dengan para pemuda yang mencari saran menggunakan program Grantspro.

Tujuan Pemasaran

  • Menemukan pencari saran
  • Menjangkau calon relawan dan pendukung
  • Mempromosikan kolom saran

Metrik Keberhasilan

65%

pencari saran berhasil dijangkau

71%

peningkatan dalam traffic situs

15%

donasi online & pendaftaran relawan

Selayang Pandang

Elder Wisdom Circle

Lokasi: Amerika Utara www.elderwisdomcircle.org

Misi

Elder Wisdom Circle adalah program lintas generasi online yang menyandingkan relawan senior berusia 60 tahun ke atas dengan generasi muda yang mencari saran yang membantu dan penuh empati. Tujuan EWC adalah memberikan petunjuk yang berguna kepada generasi muda seiring meningkatkan rasa hormat kepada generasi yang lebih tua. Bagi para senior, tujuannya adalah membuat organisasi ini menjadi tempat mereka merasa diakui, berguna, dan dihargai.

Tujuan Pemasaran

Salah satu tujuan utama EWC adalah menemukan para pemuda pencari saran yang sedang mencari nasihat yang bijak dari figur seorang kakek/nenek. Selain itu, EWC ingin menjangkau calon pendukung yang mungkin mengerti atau tidak mengerti tentang model unik ini, dengan harapan agar mereka mau menjadi donatur atau relawan. Pendiri dan Direktur organisasi ini, Doug Meckelson, mengetahui bahwa target audiensnya, yaitu para pemuda pencari saran, akan banyak ditemukan secara online, dan ia pun menjadi pengguna awal program Google Ad Grants. Kampanyenya yang sukses berhasil menghabiskan biaya hibah standar $10.000/bulan dalam waktu singkat, dan karena performa akun yang solid, strategi yang menarik, serta pengaruh positif dari komunitas, EWC diterima dalam program Grantspro dengan hibah yang ditingkatkan sebesar $40.000/bulan. Berdasarkan hasil Analytics, Doug bisa mengetahui bahwa peningkatan jumlah pengunjung ke situs berasal dari pengguna seluler: naik dari 8% tahun lalu menjadi 17%. Jadi, pada bulan November 2013, Doug meningkatkan versi ke situs yang dioptimalkan untuk seluler guna mengikuti tren perpindahan demografis target ke perangkat seluler.

Pengaruh Google Ad Grants

Sebagai penerima Grantspro, Doug menggunakan Analytics dan Tracking Konversi untuk melacak tren dan membuat keputusan yang tepat, dan ia mencatat bahwa sebagian besar traffic ke situs EWC dihasilkan dari kampanye AdWords. Tahun lalu, 71% dari seluruh pengunjung dan 65% pencari saran dirujuk oleh Google Ads. Dengan Grantspro, EWC mampu menjangkau pendukung 240% lebih banyak selama satu tahun terakhir, dibandingkan dengan rujukan yang diterima dari hibah standar. Hal ini membantu EWC melayani 8.000 pencari saran lain dan menghasilkan layanan relawan tambahan selama 12.000 jam bagi kelompok lanjut usia. Selain itu, 15% donasi dan 15% lamaran relawan berasal dari pengguna yang pertama kali menemukan EWC melalui Google Ads. Dengan bertambahnya anggaran Grantspro, Doug selanjutnya mempertimbangkan cara untuk menargetkan pencari saran dari negara lain, mengingat bahwa sebelumnya EWC hanya berfokus di Amerika Utara. Dan untuk memastikan bahwa peningkatan anggaran tersebut digunakan sebaik-baiknya, ia menggunakan Analytics untuk mengidentifikasi sumber traffic ke situs dan kata kunci yang paling sukses, serta mengoptimalkan kampanye berdasarkan data ini secara rutin.

“Jika tidak ada kampanye Google Ads, Elder Wisdom Circle mungkin sudah tidak ada lagi. Buat lembaga nonprofit seperti kami, tidak ada alternatif iklan lain yang bisa memberikan dampak sebesar ini”.
Doug Meckelson, Pendiri & Direktur, Elder Wisdom Circle